PASANGAN Raja Sinetron Indonesia Raam dan Raakhee Punjabi Selasa ( 16/4) petang menginjak usia perkawinan ke 48 tahun.

Syukuran HUT perkawinan mereka berlangsung sederhana  di Folia Kitchen & Bar lantai 25 MTV Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, markas terbaru Raam Punjabi.

Syukuran itu berlangsung sederhana dinisiasi  oleh puluhan karyawannya. Dipersembahkan sebagai surprise party.

Raam, Raakhee, dan Amrit tengah berbincang  dengan dua sahabatnya, Ilham Bintang dan Wahyu Muryadi, ketika puluhan karyawannya membawa kue tart sambil menyanyikan lagu Happy Birthday. Raam dan Raakhee pun tampak terkejut saat dikepung oleh karyawannya, dan didaulat meniup lilin.

Raam meminta Ilham Bintang membacakan doa tanda syukuran sore itu. Ilham meminta semua yang hadir mendoakan Raam dan Raakhe senantiasa dilindungi dan diberi kesehatan oleh Tuhan YME. Dipanjangkan umurnya supaya bisa lebih lama mengabdikan hidupnya untuk memproduksi karya bermutu yang mencerdaskan bangsa.

Ilham juga meminta semua yang hadir meneladani kehidupan rumah tangga Raam & Raakhee yang harmonis. Meneladani etos kerja Raam dan Raakhee yang tidak pernah lelah bekerja dan berkarya. Ilham ingat, belasan tahun lalu Raam pernah mengucapkan padanya, tidak akan pernah mau pensiun. “ Selalu saya meminta kepada Tuhan, kalau saya akan dipanggil, supaya pas saya lagi kerja,” kata Ilham mengutip Raam.

Dalam sambutannya, Raam mengatakan kehidupan rumah tangganya, biasa saja seperti rumah tangga pada umumnya. Dia dan Raakhee juga sering bertengkar. Tapi pertengkaran itu menjadi indah, karena melahirkan sikap saling menghormati dan saling pengertian.

“Waktu baru menikah kami tinggal di Permata Hijau. Di awal-awal kami sering bertengkar. Lalu kami dapat inspirasi dari tetangga. Kami selalu mendengar mereka selalu tertawa gembira. Heboh. Kedengaran samoai di rumah kami. Nah! Suatu kali kami berkunjung ke rumah tetangga itu. Kami tanya apa resepnya bisa selalu riang gembira. Tetangga bilang, kalau kedengaran kami riang, itu sebenarnya kami sedang bertengkar. Bertengkar di dapur. Jika salah satunya melempar panci dan tidak mengenai sasaran saat itulah kami lepaskan tawa,” kisah Raam. Lalu, sambungnya : Raakhee itu harta karun saya. Mana berani saya bertengkar serius dengan dia, katanya.

Raam Punjabi (75 tahun)  kelahiran Surabaya dan Raskhee Punjabi (68 tahun) kelahiran Malang, menikah di Jakarta 48 tahun lalu. Pernikahan pasangan pengusaha perfilman terkenal itu berlangsung di Madura Room, Hotel Indonesia, 16 April 1971. Pasangan ini dikaruniai tiga anak, Amit Punjabi ( mendiang), Kharisma, dan Amrit, serta dua cucu.

“Saya masih ingat waktu itu mobil pengantin kami mobil Impala yang lebar,” kenang Raam.

Kepada seluruh karyawannya Raam berpesan, jangan meninggalkan MVP, karena mereka  semua merupakan harta yang tak ternilai.

“Perusahaan ini tidak punya arti tanpa kalian semua,” kata Raam yang sekarang selain memproduksi film dan sinetron, juga tengah konsentrasi membangun bioskop kelas menengah di kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia.

Penulis adalah wartawan senior, Ketua Dewan Kehormatan PWI