TEH merupakan minuman yang tak asing di Indonesia. Minuman yang mengandung kafein ini dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman ‘Camellia sinensis’ dengan air panas.

Bagi yang belum tahu, teh juga mengandung kafein, namun tidak sebanyak pada kandungan di kopi. Kopi mengandung 40mg/100g kafein sedangkan teh hanya mengandung 11mg/100g.

Jadi baiknya mengonsumsi teh dalam sehari jangan terlalu banyak. Cukup 2-3 gelas baiknya untuk tubuh, dan waktu terbaik untuk minum teh pada saat pagi dan malam hari.

Terdapat empat macam kelompok teh, yakni White Tea, Green Tea, Oolong Tea, dan Black Tea. Yang membedakan keempat jenis teh tersebut yakni proses panen atau biasa disebut proses Oksidisi.

Semua jenis teh kaya akan kandungan antioksidan, polyphenol dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penyakit mematikan lainnya. Dan dari keempat jenis teh tersebut yang paling banyak kandungannya terdapat pada White Tea dan Green Tea.

Di Indonesia kita sering berjumpa dengan beberapa jenis teh, yakni White Tea, Matcha/Green Tea, Assam Breakfast, Earl Grey, Peppermint, Chamomile, Lily & Jasmine dan Black Tea.

Berikut berbagai jenis teh dan manfaatnya yang dismbil dari berbagai sumbe, yaitu:

White Tea: Mencegah obesitas, melindungi kulit dari sinar ultraviolet, mengurangi resiko gangguan jantung, memperbaiki sel-sel yang rusak, melawan sel-sel kanker

Matcha/Greentea: Sebagai detoksifikasi tubuh/penangkal racun dalam tubuh, anti aging, memperlancar aliran darah dan sistem syaraf, menenagkan pikiran.

Earl Grey & Assam Breakfast, masih kelompok Black Tea merupakan teh khas Eropa, manfaatnya antara lain: menenangkan pikiran, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan metabolism dalam tubuh, dapat menurunkan berat badan.

Peppermint Tea, antara lain: melancarkan pencernaan tubuh, meredamkan flu dan batuk karena kadar mentol didalamnya, meredakan sakit kepala, melancarkan pernafasan

Chamomile Tea: Mengatasi kesulitan tidur, menenangkan pikiran, melancarka pencernaan, pereda stress, meningkatkan sistem imun.

Flowering Tea : Menurunkan demam, anti aging, memelihara kesehatan hati
merelaksasi pikiran, meningkatkan metabolism, meningkatkan ketajaman visual

Itulah manfaat teh untuk kesehatan tubuh kita, pilihlah jenis teh sesuai dengan kegunaan yang kalian butuhkahkan. (debi/M3/dms)