Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, pihak Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 12.359 personel gabungan dari TNI-Polri dan unsur Pemprov DKI Jakarta.

“Dengan adanya pertandingan tersebut, dari PMJ menyiapkan 12.359 personel gabungan TNI-Polri dan dibantu Pemda ada dari Dishub, Dinkes,” ucap Kombes Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/7).

Argo melanjutkan, nantinya pengamanan akan dibagi menjadi empat ring di sekitaran Gelora Bung Karno.

“Kita bagi 4 ring dalam pengamanan. Yang pertama di dalam stadion dan lingkungan stadion itu ring duanya, di GBK itu ring tiga dan jalan pintu itu ring 4. Rekayasa lalu lintas nanti kita liat apakah diperlukan,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tak diinginkan, pihak kepolisian mengaku telah berkoordinasi dengan berbagai pihak dari Persija Jakarta maupun PSM Makassar.

“Semuanya kita lakukan pengawalan dan semuanya kita koordinasi dengan korlap masing-masing, baik itu dari pemain PSM, penonton PSM, kita koordinasikan, baik kita lakukan pengawalan. Sama juga dari Jakmania yang sampai saat ini info tiket yang terjual 62 ribu,” paparnya.

Sehingga, pihak kepolisian mengimbau kepada penonton untuk mentaati peraturan yang ada untuk tetap menjaga keamanan dan ketentraman sejak awal sebelum pertandingan hingga usai pertandingan.

“Imbauan kepada penonton untuk tetap laksanakan atau tidak membawa barang-barang yang dilarang dan tidak lakukan pengerusakan karena itu adalah stadion kebanggan kita, stadion yang sudah diperbaiki dengan uang rakyat, jangan dinodai atau dirusak,” pungkasnya.