BOGOR  –  Sungguh malang nasib yang dialami Eka Prasetya (26), disaat mengidam-idamkan ponsel baru justru harus kehilangan uang jutaan rupiah. Pasalnya, smartphone yang dia beli melalui aplikasi Instagram tidak kunjung datang, uang yang dia tabung berbulan-bulan pun melayang.

Pemuda yang berdomisili di Kampung Cilodong, Depok, Jawa Barat ini bercerita semula berniat membeli salah satu ponsel keluaran terbaru pada Sabtu (9/11/2019). Namun, Eka memilih membeli melalui salah satu akun jual beli Instagram.

“Awalnya saya bermaksud membeli satu unit handphone bermerek Samsung Note 9 di salah satu market place di Instagram. Setelah itu, admin Instagram @diana_pstor mengirimkan pesan ke saya via instagram,” kata Eka kepada wartawan di Bogor, Kamis (14/11/2019).

Eka Tertipu

Eka Prasetya usai membuat laporan di Polres Bogor usai menjadi korban penipuan online. (ist)

Setelah itu komunikasi Eka dan admin akun jual beli tersebut berlanjut, setelah dirinya memberikan nomor handphone. Semula dia tidak curiga bahkan semakin tertarik ketika terduga pelaku menawarkan harga yang lebih murah dari pasaran. Permintaan mentransfer uang sesuai harga yang disepakati pun dipenuhi oleh Eka.

“Kami bertukaran nomor handphone, dan akhirnya terjadi proses transaksi melalui transfer dari rekening BCA saya ke rekening terduga penipu a/n Ari Nugragani dengan nomor rekening 705337907600/ Bank CIMB Niaga sebesar Rp7.750.000 di ATM BCA Pabuaran, Cibinong,” papar dia.

Namun, setelah uang dikirim ponsel yang dia beli tidak kunjung datang hingga hari ini. Sadar menjadi korban penipuan, Eka lantas membuat laporan ke Polres Bogor dan diterima oleh petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) yang registrasi dengan Nomor 625/XI/2019/JBR/RES BGR.

Usai selesai memberikan keterangan di ruangan SPKT Polres Bogor, Eka langsung ke ruangan Unit 1 Satreskrim Polres Bogor untuk menjalani proses Berita Acara Pidana (BAP). Dia berharap pelaku cepat ditangkap dan uangnya bisa kembali.

“Saya harap jajaran Satreskrim Polres Bogor bisa bergerak cepat dalam mengusut kasus ini. Sebab, uang itu nilainya sangat besar bagi saya,” tandas Eka.

Ketika dikonfirmasi wartawan, Kapolres Bogor, AKBP M Joni menegaskan pihaknya akan menindaklanjuti laporan korban. “Ya, nanti kita tangani,” tegas Joni. (yendhi/mb)